Breaking News
ppkm

Bantuan PPKM Darurat sebesar 600,000 akan segera Cair

Download Atau upgrade aplikasinya disini

Bantuan PPKM Darurat, Penerima Akan Dapat BTS Rp600 Ribu Untuk Dua Bulan

ppkm

Dalam upaya mensejahtrakan ekonomi masyarakat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengalokasikan Rp623 miliar untuk digunakan sebagai dana bantuan sosial tunai (BST) saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Alokasi tersebut merupakan hasil dari memfokuskan kembali (refocusing) anggaran beberapa kegiatan.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono menegaskan, angka besaran BST Covid-19 tersebut diketahui dari Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Edi Sumantri.

“Dari berbagai kegiatan, didapatkanlah angka sekian banyak, salah satunya buat BST Rp623 miliar,” ujar Mujiyono di Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Dia menuturkan, berdasarkan perbincangannya dengan para kepala dinas, anggaran tersebut didapat dari hasil refocusing anggaran sejumlah kegiatan fisik, antara lain rehabilitasi panti sosial dan rehabilitasi sekolah serta kegiatan yang belum masuk prioritas.

Menurutnya, dari jumlah itu setiap keluarga akan mendapatkan bantuan tunai Rp600.000 untuk dua bulan dan BST akan diberikan secara langsung kepada warga melalui rekening Bank DKI.

Dia belum dapat memastikan kapan bantuan akan mulai disalurkan. Saat ini, kata dia Pemprov DKI masih menunggu keputusan pemerintah pusat terkait penyaluran bansos untuk wilayah dua administrasi selain Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu.
ppkm
Kedua daerah itu, lanjut dia penyaluran bansos menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. “Karena Kepulauan Seribu sama Jakarta Timur itu bebannya APBD Pemprov DKI Jakarta, lainnya pemerintah pusat. Hitungan dulu aja. Begitu kutanya wilayah lain gimana, katanya masih ada hal teknis yang mesti diselesaikan pemerintah pusat,” katanya.

sumber ivoox.id

PPKM Darurat Diperpanjang hingga 20 Juli Mendatang

Adapun rencana pemerintah akan adanya aturan PPKM Darurat akan di perpanjang hingga 20 juli atau bisa jadi sampai akhir bulan juli.

“Bapak Presiden sudah memutuskan bahwa PPKM Darurat ini akan diperpanjang sampai akhir Juli,” sumber Tribunnews Jumat, (16/7/2021).

Dengan perpanjangan status PPKM presiden meminta kepada Risma untuk segera menyalurkan bantuan PPKM darurat agar segera menyalurkan dana bantuan kepada masyrakat.

Adapun yang menyarankan bahwa masyarakat di bawah garis kemiskinan dan para pekerja nonformal yang tidak memiliki penghasilan tetap mendapatkan bantuan dari negara dan harus tertarget sedangkan Aparatul Sipil Negera (ASN), TNI, POLRI, anggota DPR, DPRD dan pegawai-pegawai BUMN tidak perlu mendapatkan bantuan. dan kami sangat setuju.

Dan diharapkan pemerintah mengatur pembagian bantuan PPKM ini sebaiknya diberikan tunai agar lebih cepat pelaksanaannya, dan sangat besar kemungkinan bisa tertarget kepada yang seharusnya mendapatkan bantuan ppkm dan relatif lebih kecil peluang untuk diselewengkannya, seperti kasus bansos tahun lalu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *